Senin, 27 Maret 2023

Kegiatan UKK dan PKL Siswa di RSUD Pelabuhan Ratu

UKK (Uji Kompetensi Keahlian) SMK adalah penilaian yang dilaksanakan di SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 atau 3 pada KKNI. Hasil UKK nantinya akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan di SMK. UKK berlangsung saat siswa berada di akhir kelas XII dan dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri.
SMK Raflesia Bogor jurusan Asisten Keperawatan melaksanakan UKK di RSUD Pelabuhan Ratu Jawa Barat sebagai mitra DU/DI sebagai sebagai bentuk endorsement atau dukungan dari dunia kerja. RSUD Pelabuhan Ratu sangat mendukung dalam pengembangan kompetensi siswa SMK Raflesia Bogor dalam kegiatan UKK dan PKL siswa sebelumnya. Kegiatan PKL sendiri bertujuan untuk memberikan sarana latihan terbaik bagi siswa agar dapat mengeksplorasi tidak hanya kompetensi mereka, tetapi juga kesiapan siswa untuk terjun dan menjalani dunia kerja khususnya di pelayanan kesehatan. Kegiatan PKL ini dilaksanakan sejak tanggal 16 Januari sampai 16 Maret 2023 di RSUD Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat. Sedangkan untuk kegiatan UKK dilaksanakan tanggal 16 Maret 2023 di RSUD Pelabuhan Ratu sebagai mitra dunia kerja.
Tujuan UKK bagi sekolah dan siswa, UKK ini bisa menjadi indikator capaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Sedangkan bagi stakeholder capaian hasil UKK ini dapat dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki oleh calon tenaga kerja.
Siswa yang telah berhasil menyelesaikan soal UKK Asisten Keperawatan 2023 akan mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan Lembaga Sertifikasi atau oleh industri (DU/DI) mitra SMK sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sertifikat Uji Kompetensi Keahlian ini dapat menjadi bukti kalau lulusan SMK Raflesia Bogor kejuruan Asisten Keperawatan memiliki kompetensi seperti yang tertera dalam sertifikat.
Selamat kepada siswa/i SMK Raflesia Bogor dalam menempuh UKK dan PKL semoga kompetensi yang didapatkan dapat bermanfaat bagi masyarakat.