Jumat, 15 Oktober 2021

Sosialisasi ke MTS Muhammadiyah Gn Menir dalam rangka kegiatan PPDB

Siapa yang tidak pernah terlibat dalam proses sosialisasi, tentunya setiap manusia di muka bumi setidaknya terlibat dalam proses sosialisasi sekali setiap hari sepanjang hidup mereka. Entah itu sosialisasi secara langsung yang melibatkan pertemuan muka dengan muka maupun sosialisasi secara tidak langsung yang bisa dilakukan lewat media penghubung antar pihak satu dengan yang lainnya, pastilah kita senantiasi bersosialisasi dalam aktivitas kita. Sebagai makhluk sosial, kita manusia tidak mungkin tidak terlibat dalam proses sosialisasi. Dalam kehidupan kita sehari-hari manusia membutuhkan proses sosialisasi untuk bisa bertahan hidup. Proses sosialisasi yang merupakan hubungan antar dua individu atau lebih yang ada dalam suatu kelompok masyarakat tidak bisa kita hindari. 

Dalam hubungan dengan kemasyarakatan, setiap individu perlu mengadakan sosialisi agar terjalin hubungan timbal balik yang saling menguntungkan dalam bermasyarakat. Proses sosialisasi yang memberi pengaruh positif akan memberikan hasil yaitu akan terjalinnya hubungan yang baik antara pihak satu dengan pihak yang lainnya dan dapat menjalin kerja sama yang baik di kemudian hari. 

Dalam lingkungan masyarakat, sosialisasi kerap kali digunakan sebagai cara pengendalian sosial, sehingga dapat membawa dampak positif bagi masyarakat. Pengendalian sosial dalam bentuk sosialisasi muncul dalam bentuk sosialisasi antara individu dengan kelompok yang sering kita temukan diselenggarakan dalam instansi pendidikan seperti sekolah maupun universitas. Tujuannya pun beragam mulai dari pengendalian diri agar peserta sosialisasi tidak terjerumus dalam hal-hal negatif yang disosialisasikan sampai dengan tujuan mengedukasi dengan harapan ilmu yang didapatkan saat sosialisasi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

SMK Raflesia Pamijahan Bogor pada hari Selasa, 12 Oktober 2021 mengadakan sosialisasi dengan berkunjung ke MTs Muhammadiyah Gn Menir untuk mengenalkan program yang ada di SMK Raflesia Pamijahan dan disambut baik oleh pihak sekolah MTS Muhammadiyah Gn Menir. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk bersilaturahmi kepada semua warga sekolah dan mengenalkan program unggulan yang ada di SMK Raflesia Pamijahan yaitu kejuruan Keperawatan dan Akuntansi kepada semua siswa di MTS Muhammadiyah agar semua siswa dapat mengenal kompetensi yang akan di capai jika melanjutkan pendidikan di SMK Raflesia Pamijahan. 
Disamping ini dilakukan juga kegiatan sosial berupa pemeriksaan kesehatan oleh siswa SMK Raflesia didampingi oleh guru kepada siswa, guru dan masyarakat di lingkungan MTS Muhammadiyah Gn Menir Bogor.

Harapan dari diadakannya kegiatan sosialisasi ini adalah :

1. Terjalin hubungan yang harmonis antar sekolah 

2. Memotivasi siswa untuk belajar giat dalam menerapkan ilmunya nanti agar dapat bermanfaat bagi masyarakat umum melalui kompetensi pendidikan yang di hasilkan dan dilandasi dengan karakter dan akhlak yang baik. 

3. Sebagai bentuk penerapan keilmuan yang bisa langsung menjadikan pengalaman belajar bagi siswa SMK Raflesia dalam mengaplikasikan keilmuannya terhadap kesehatan yang ada di masyakarat sekitar dan menumbuhkan rasa kepedulian siswa untuk ikut merasakan manfaat dari ilmu yang didapat di bangku sekolah bagi kemasyalahatan umat.

4. Sebagai media promosi bagi siswa MTS Muhammadiyah Gn Menir dalam proses PPDB di SMK Raflesia Pamijahan Bogor.