Jumat, 11 Maret 2016

Pelajar SMK Harus Update dan Punya Soft Skill



JAKARTA – Teknologi dari waktu ke waktu selalu mengalami perkembangan yang semakin canggih. Artinya, di masa mendatang, industri berbasis teknologi semakin membutuhkan tenaga kerja siap pakai yang mumpuni.
Teknisi sebagai salah satu tenaga kerja yang dibutuhkan Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) harus memiliki kemampuan, baik hard skillmaupun soft skill, untuk menunjang pekerjaannya. Oleh karena itu, sekolah menengah kejuruan (SMK) selaku pencetak tenaga kerja siap pakai perlu menyiapkan lulusan untuk bisa memiliki kompetensi yang dibutuhkan industri.
Dalam sebuah kerjasama pelatihan guru SMK antara APJATEL bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Direktur Komersial MNC Play Ade Tjendra menuturkan arus informasi yang semakin cepat menuntut para pelajar SMK untuk terusupdate pengetahuan dan skill yang sesuai keinginan pasar serta kebutuhan industri.
Hal serupa juga disampaikan oleh Dirjen Pembinaan SMK Kemdikbud, Mustaghfirin Amin, terutama dalam hal kemampuan soft skill. "Pelajar SMK juga harus punya kemampuan soft skill, seperti mengkreasi, mendesain, dan berkomunikasi," ujarnya, Senin (11/1/2016).